Up Down Spot Banyuwangi

Share:
Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang terletak di Jawa Timur, sama halnya seperti daerah lain yang memiliki banyak tempat pariwisata yang wajib dikunjungi, berikut ini saya akan membahas spot pariwisata yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah di Banyuwangi.

Gunung dan Kawah Ijen

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.


Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok. Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter. Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

JIka diatas membahas tentang spot di dataran tinggi, kali ini saya akan membahas yang terletak di dataran rendah, yaitu :

Pantai Plengkung atau G-land

Pantai Plengkung merupakan pantai yang terletak di pesisir banyuwangi, kita dapat menuju kesana dengan melewati Taman Nasional Alas Purwo. Disana kalian akan dimanjakan dengan panorama pantai serta hutan tropis yang sangat indah, juga kalian akan melihat 3 warna dari pantai tersebut yaitu hijau, biru, dan putih. Tak hanya itu, jika kalian ingin melakukan kegiatan berselancar kalian dapat melakukkanya disana karena ombak di G-land terkenal ganas dan sangat menantang. Tak sedikit surfer lokal maupun mancanegara yang datang kesana untuk menjajal ombak G-land.


Jika kalian tidak cukup sehari untuk menghabiskan waktu di G-land kalian dapat menginap disalah satu surf camp yaitu Bobby's Surf Camp.



Tidak ada komentar